Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura

Profil Profil Jurusan Paket Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH)

Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura (ATPH) adalah salah satu paket keahlian  dari bidang Agribisnis Produksi Tanaman di SMK Negeri 1 Nunukan. Jurusan ATPH yang notabennya  merupakan paket keahlian tertua sejak berdirinya  SMKN 1 Nunukan pada  tahun 2003. Secara umum, tujuan pendirian paket keahlian ini adalah untuk mencetak tenaga terampil menengah dalam bidang Agribisnis Produksi Tanaman khusus Agribisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Paket keahlian ATPH telah melaksanakan pembelajaran dengan kurikulum 2013 (sejak tahun 2014)  dan telah terakreditasi “A” yang bertujuan  mempersiapkan manusia  Indonesia agar memiliki  kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara dan peradaban dunia.

Proses pembelajaran diciptakan dalam kondisi  yang merangsang terjadinya komunikasi dan interaksi yang baik. Selain itu didukung sarana dan prasarana seperti lahan atau tempat  praktik, laboratotium yang memadai serta fasilitas penunjang yang cukup mampu melahirkan putra-putri yang kreatif, inovatif, dan produktif serta kompetitif.

Bidang keahlian ATPH di SMKN  1 Nunukan  merupakan bidang keahlian yang dipilih dalam program revitalisasi pemerintah. Berdasarkan instruksi presiden no 9 tahun 2016, bahwa kompetensi sumber daya manusia itu sangat berperan   dalam kemajuan  ekonomi atau kemajuan  bangsa ke depan.  Karena itu, lulusan SMK yang berkualitas harus ditunjang  dengan peningkatan  kualitas guru (tenaga pendidik). Terkait dengan peningkatan kualitas guru, guru (tenaga pendidik) yang mengajar khusus produktif pada paket keahlian ATPH SMKN 1 Nunukan telah mendapatkan sertifikasi pendidik 100%.

Program revitalisasi SMKN 1 Nunukan  pada paket keahlian ATPH telah mewujudkan “LINK and MATCH” antara SMK dengan dunia usaha  dan kerjasama antara SMK dengan pemerintah. Penguatan program kerjasama  bidang ATPH diaplikasikan  pada pengembangan Teaching Factory. Teaching faktory yang telah dilaksanakan pada paket keahlian ini  yaitu konsep pembelajaran dalam keadaan sesungguhnya untuk menjembatani kesenjangan kompetensi antara pengetahuan yang diberikan sekolah dan kebutuhan  industri.

Visi

Menciptakan sumberdaya manusia pertanian yang handal, professional, tangguh dan mandiri

Misi

  1. Memperbaiki praktek lapang maupun di laboratorium.
  2. Memberikan kedisiplinan dalam hal pembelajaran dan praktek.
  3. Menguasai teknologi budidaya yang baik dan benar.
  4. Menjalin kerjasama yang efektif dengan pihak yang berkompeten.
  5. Meningkatkan potensi siswa melalui pembinaan mental dan kedisiplinan.

KOMPETENSI LULUSAN

Di antara kompetensi yang dimiliki Lulusan ATPH, yaitu:

  • Agribisnis tanaman sayur hidroponik
  • Agribisnis tanaman organik
  • Agribisnis Tanaman Sayuran
  • Agribisnis Tanaman Buah
  • Agribisnis Tanaman Hias
  • Agribisnis Tanaman Pangan
  • Agribisnis Tanaman Palawija
  • Pembibitan Tanaman Sayur, Buah, dan Hias

PRODUK UNGGULAN

  1. Produksi Kompos
  2. Agribisnis tanaman sayur
  3. Agribisnis tanaman hias
  4. Agribisnis sayur organik
  5. Pembibitan tanaman buah
  6. Agribisnis tanaman hidroponik

PRESTASI

No Aspek Keterangan
1 LKS Agronomi tingkat  provinsi tahun 2018 Juara 3
2 LKS Agronomi tingkat provinsi tahun 2015 Juara 2
3 Mewakili pramuka tingkat nasional tahun 2017 Perwakilan SMK
4 Akreditasi dari Provinsi A

KEGIATAN SISWA