Pelepasan Kontingen O2SN/FLS2N dan Calon Mahasiswa Afirmasi

Pemerintah Kabupaten Nunukan melepas kontingen O2SN / FLS2N tingkat Provinsi yang akan dilaksanakan di Tarakan, dan melepas Calon Mahasiswa/Mahasiswi Afirmasi 2018. Acara pelepasan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 16 Juli 2018 bertempat di Pelabuhan Speed Liem Hie Jung. O2SN / FLS2N tingkat Provinsi Kalimantan Utara diikuti beberapa sekolah di wilayah Provinsi Kalimantan Utara, yang akan diseleksi untuk diikutkan pada O2SN / FLS2N tingkat Nasional, yang sebelumnya telah diseleksi di tingkat sekolah. SMK Negeri 1 Nunukan sendiri mengirimkan sekitar 23 Orang siswa untuk berkompetisi dibeberapa bidang lomba, diantaranya : Lomba Atletik, Bulutangkis, Pencak Silat, Renang, Karate, Tari Tradisional, Musik Tradisional, Solo Gitar Klasik, Nyanyi Solo, dan  Produk Multimedia.Selain melepas Kontingen O2SN / FLS2N, dalam acara tersebut dilepas pula para calon Mahasiswa/Mahasiswi Afirmasi 2018 yang telah dinyatakan lulus di PTN yang dipilih. SMK Negeri 1 Nunukan berhasil meloloskan 15 siswa/siswinya untuk melanjutkan kuliah melalui jalur beasiswa afirmasi untuk kategori Reguler 3 orang dan anak TKI sebanyak 12 orang. Beasiswa afirmasi merupakan beasiswa yang diberikan untuk memberi akses untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi yang dibiayai oleh pemerintah yang meliputi biaya pendidikan dan biaya hidup selama kuliah.

Dalam acara pelepasan tersebut, dihadiri oleh kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara Ibu DR. Nurbaya, dan mewakili Bupati Kabupaten Nunukan adalah Asisten Bidang Kesra Bapak H. Hanafiah, SE, M.Si.

Dalam sambutannya, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Utara, DR. Nurbaya menyampaikan harapan bahwa adik-adik yang telah lulus masuk di perguruan tinggi melalui jalur beasiswa afirmasi, untuk betul-betul kuliah. Tidak membuat malu Kabupaten Nunukan dan Provinsi Kalimantan Utara. Olehnya itu, diharapkan mahasiswa untuk mencari informasi serta mendapatkan pengalaman. Sementara itu untuk para siswa peserta O2SN / FLS2N, Ibu Dr. Nurbaya menyambaikan, para siswa peserta O2SN / FLS2N merupakan siswa-siswi terbaik yang telah dipilih di sekolahnya. Beliau berharap, melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan Minat dan Bakat, Berkreasi dan Berkompetisi. Beliau berpesan juga untuk meningkatkan sportifitas dan semangat untuk membawa nama Kabupaten Nunukan.

Sementara itu, Asisten Bidang Kesra, bapak H. Hanafiah, SE, M.Si menyampaikan bahwa Siswa di Kabupaten Nunukan tidak kalah kualitas dengan daerah lain. Beliau berpesan, tunjukkan bahwa perbatasan tidak memiliki kemampuan terbatas, tapi lebih luas dari daerah lain. Jadilah Duta yang terbaik, berikan informasi ke daerah lain tentang kabupaten Nunukan, untuk membawa kabupaten Nunukan lebih maju.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *